04 February 2010

Bardawil: Sambutan Mesir pada Sikap Hamas Positif, Tetapi Sebatas Media

Gaza – Infopalestina: Petinggi senior Gerakan Perlawanan Islam Hamas Dr. Salah Bardawil menilai sambutan pihak mediator Mesir terhadap sikap gerakan Hamas pada masalah rekonsiliasi, setelah Mesir memberikan jaminan bagi pelaksanaan kesepakatan apapun yang ditandatangani; merupakan indikator positif.

Hal tersebut disampaikan Bardawil dalam pernyataan pers pada hari Rabu (3/2). Dia mengatakan, "Kami mengikuti dengan penuh perhatian ata sambutan baik Mesir pada pernyataan para pemimpin Hamas seputar masalah rekonsiliasi. Namu hal itu sampai sekarang hanyalah respon media, belum berkembang ke arah ajakan untuk duduk dan tangan tangan.”

Dalam kontek yang lain, Bardawil mengatakan bahwa Hamas menyambut baik kunjungan para pemimpin Fatah seperti Dr. Nabil Shaath ke Jalur Gaza. "Dr. Nabil Shaath adalah pribadi yang disambut baik di Jalur Gaza. Dia telah berkoordinasi dengan kami dalam kunjungan ini dan kami siap untuk bertemu dengannya.”

Berdawil menyebut pertaruhan pada tidak adanya perselisihan antara pemimpin di dalam dan di luar Palestina merupakan "fantasi murni". Dia mengatakan, "Keputusan Hamas hanya satu. Apa yang dikatakan oleh Kepala Biro Politik Hamas Khaled Misy’al sama dengan apa yang dikatakan Dr. Mahmud al-Zahar dan Perdana Menteri Ismail Haniyah.” (asw)