09 February 2010

Mesir Mulai Membangun Tembok Pemisahan "Air" di Perbatasan Gaza

Kairo – Infopalestina: Surat kabar Mesir mengutip dari para saksi mata di Rafah Mesir yang menyebutkan bahwa peralatan konstruksi Mesir telah mulai bekerja dalam pelaksanaan pembangunan kelautan di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza di pantai Mediterania dekat tanda internasional nomor satu.

Para saksi mata mengatakan – menurut koran al Dustur Mesir, Senin (8/2) – tiga peralatan berwarna kuning yang dikemudikan para sopir sipil sedang memindahkan batu-batu besar dari atas tanah dan dilemparkan ke dalam laut hingga menyerupai bangunan tembok di dasar laut yang membantu untuk membangun sebuah (marina) pelabuhan laut.

Mereka menambahkan bahwa sejumlah besar batu-batu terus dipindahkan selama beberapa minggu yang lalu oleh truk-truk ke lokasi pembangunan. Sumber setempat mengatakan, "Fasilitas ini dikhusukan untuk mendirikan sebuah marina untuk kapal keamanan yang ada di kawasan itu, yang didirikan dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan adanya upaya penyelundupan yang dilakukan dari pihak orang-orang Palestina melalui perbatasan laut."

Sumber ini menambahkan, "Mesir telah membuat sebuah rencana keamanan menyeluruh yang menjamin keamanan perbatasan laut dan daratnya dengan Gaza. Di sana sudah ada pembangunan yang dilaksanakan dan telah disetujui pembangunannya, ada juga pembangunan lain yang masih sedang dipelajari."

Sumber ini melanjutkan pelabuhan baru ini mencakup instalasi yang menyerupai mercusuar; untuk memandu kapal-kapal nelayan Mesir dan mencegah mereka mendekati mendekati perbatasan laut dengan Gaza, agar tidak mengalami serangan tembakan dari sisi laut Zionis yang ditempatkan di kawasan yang menghadap ke pantai Gaza. (asw)